Kamis, 05 Desember 2013



Faktor-faktor situasional yang dapat menyebabkan elastisitas dalam pembelian produk-produk berikut:
·         Event olah raga atau konser
·         Kebutuhan pokok, seperti susu, telur, atau roti
·         Pisau cukur listrik
·         Operasi mata untuk memperbaiki penglihatan
Jawaban:
·         Event olah raga atau konser
1. Faktor sosial yaitu terkadang dalam suatu organisasi ada semacam perayaan-perayaan tertentu sehingga memerlukan jasa event organizer untuk memeriahkan acara seperti konser ataupun yang lainnya.
2. factor musim yaitu di Indonesia sendiri apabila sedang musim pernikahan maka jasa-jasa event organizer akan banjir pesanan untuk mengisi acara-acara tersebut.

·         Kebutuhan pokok, seperti susu, telur, atau roti
1. Factor ekonomi pembeli yaitu dimana kondisi keuangan pembeli. Apabila kondisi perekonomian baik, maka pembeli akan sering berbelanja. Namun apabila konsumen tidak memiliki banyak uang maka mereka akan memilih-milih dalam hal kebutuhan pokok.
2. Factor budaya yaitu dimana setiap daerah di belahan dunia pasti memiliki budaya dalam hal kebutuhan pokok seperti makanan. Orang eropa lebih membutuhkan roti atau gandum dibandingkan nasi,sedangkan orang timur lebih memilih nasi.
3. Factor psikologi yaitu saat dimana konsumen memiliki selera masing-masing dalam hal kebutuhan pokok.

·         Pisau cukur listrik
1. Factor efisien, yaitu dimana kosumen lebih merasa nyaman dalam menggunakan pisau cukur elektrik bila dibandingkan dengan pisau cukur sederhana. Namun ada juga yang lebih nyaman menggunakan pisau cukur sederhana.
2. Faktor usia yaitu kebanyakan orang yang berusia tua lebih suka memakai pisau cukur biasa karena lebih mudah dalam penggunaannya bila dibandingkan pisau cukur modern. Namun anak muda jaman sekarang lebih suka pisau cukur elektrik karena efisien dan ingin mengikuti perkembangan teknologi.

·         Operasi mata untuk memperbaiki penglihatan
1. Factor pekerjaan yaitu terkadang ada seseorang yang dituntut untuk memiliki penglihatan yang bagus dalam pekerjaannya. Oleh karena itu seseorang akan melakukan operasi mata untuk memperbaiki penglihatannya.
2. factor usia yaitu apabila seseorang di usia muda sudah mengalami gangguan mata maka akan menjadi tekanan batin tersendiri, oleh karena itu dia memutuskan untuk operasi mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar