Selasa, 26 November 2013

TUGAS MATA KULIAH PERILAKU KONSUMEN


APA YANG AKAN SAYA LAKUKAN APABILA SAYA INGIN MEMBELI PRODUK BERIKUT:
1.       OBAT SAKIT KEPALA
Sebelum saya memutuskan untuk membeli obat sakit kepala, maka hal pertama yang akan saya lakukan yaitu mempertimbangkan obat sakit kepala yang cocok. Namun saya tidak perlu mempertimbangkan soal harga, karena kesehatan sangatlah mahal. Dan kalau perlu saya ingin membeli obat kepala yang bagus meskupin harganya lebih mahal dari yang lain.

2.       SEPATU
Karena sepatu merupakan tren atau gaya penampilan yang akan menampilkan kesan pribadi ke orang lain bila saya memakainya. Sebelum saya memutuskan untuk membeli sepatu, banyak hal yang harus saya pertimbangkan. Pertama sepatu apa yang saya perlukan? Apakah sepatu untuk olah raga ataukah sepatu untuk sekolah. Dan yang kedua adalah ukuran sepatu yang cocok dengan kaki saya, kemudian warna apa yang kelihatan bagus apabila dipakai. Setelah itu motif-motif dan bentuk sepatu yang bagus pastinya. Setelah itu saya baru mempertimbangkan harga yang sesuai dengan anggaran dana yang saya miliki.

3.       LAPTOP/KOMPUTER
Laptop merupakan teknologi. Dimana teknologi sangat cepat perubahannya dan perkembangannya. Dan sebelum saya membeli, maka hal yang saya pertimbangkan yaitu yang pertama laptop yang canggih dimana memiliki banyak kelebihan. Yang kedua yaitu laptop yang memiliki merk yang bagus dan kuat. Dan karena saya suka bermain game, maka saya mencari laptop yang kuat dan memiliki spesifikasi untuk bermain game.

4.       SEPEDA MOTOR
Sepeda motor merupakan barang mahal. Maka, hal pertama yang saya pikirkan yaitu apakah uang yang saya miliki cukup untuk membeli sepeda motor. Namun pada sepeda motor, mungkin saya akan memilih harga yang paling murah, asalkan bisa digunakan sebagi kendaraan jarak jauh. Apabila saya sudah memiliki penghasilan sendiri, saya akan memilih membeli sepeda motor secara kredit karena lebih mempermudah dalam sistem pembayaran.

5.       HADIAH UNTUK ORANG ISTIMEWA
Sebelum saya membelikan hadiah untuk orang yang sangat istimewa bagi saya, pastinya saya harus mempertimbangkan beberapa hal. Pertama, tidaklah harus membelikan hadiah yang sangat mahal yang penting barang yang bermanfaat baginya ataupun barang kesukaannya. Namun saya tetap harus mempertimbangkan harga yang sesuai dengan dompet saya.

6.       SHAMPO
Saya akan mempertimbangkan beberapa hal. Yang pertama yaitu bau shampo yang wangi. Lalu shampoo yang menghilangkan ketombe dan tidak menyebabkan rontok. Dan yang paling penting bagi saya (mahasiswa) yaitu harga yang paling murah dari shampoo yang lain.

7.       SABUN MANDI
Dalam hal membeli sabun mandi, saya tidak terlalu memikirkan hal-hal apa yang harus saya pertimbangkan. Namun, harga tetap saya pertimbangkan sesuai dengan keadaan keuangan saya. Dan merk sabun juga tidak terlalu mempengaruhi saya dalam melakukan pembelian.

8.       MINUMAN
Dalam hal minuman saya mempertimbangkan yang pertama yaitu jenis minuman apa yang  akan saya beli, karena saya tidak asal membeli dalam hal makanan dan minuman. Yang pertama saya pertimbangkan adalah label halal dari MUI. Saya tidak akan membeli minuman yang tidak ada label halalnya. Yang kedua yaitu saya akan memilih kemasan yang menarik dan yang kelihatan enak. Selanjunya yaitu rasa yang saya sukai.

9.       MAKANAN
Dalam hal makanan saya mempertimbangkan hal yang sama dengan minuman. Yang pastinya harus memiliki label halal untuk produk dari pabrik. Dan untuk makanan warung yang penting bisa dipastikan makanan tersebut halal. Dan yang kedua makanan yang enak pasti akan saya pilih.

Dipostkan oleh: bachtiyar fanani (115020213111002)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar